Sistem A BA TA TSA adalah sebuah sistem pembelajaran  Al qur`an yang terdiri dari metode belajar membaca Al qur`an dan konsep pengajaran Al qur`an yang mudah dan praktis dapat diajarkan kepada siapa saja mulai dari anak-anak pra sekolah sampai peserta manula yang mengalami keterlambatan dalam mempelajari Al qur`an.

Sistem A BA TA TSA  ini, terdiri dari Metode belajar membaca Al qur`an dan konsep pengajaran Al qur`an dengan melakukan penggabungan belajar Al qur`an, baik hal-hal  yang bersifat teknis maupun hal-hal yang bersifat psikis yang kedua saling bersinergi untuk menghasilkan produktifitas belajar yang tinggi.

Adapun metode A BA TA TSA , adalah sebuah metode belajar membaca Al qur`an dari siswa tidak mengenal huruf hijaiyah sampai siswa tersebut mampu membaca Al qur`an, baik untuk anak-anak sampai orang tua.

Metode A BATA TSA memiliki karakteristik tertentu yang Insya Alloh akan dijelaskan lebih terinci pada tulisan berikutnya dan karakteristik dalam metode ini bertujuan untuk memudahkan proses pembelajaran Al qur`an. Selanjutnya metode AB ATA TSA juga sudah digunakan pada berbagai lembaga pendidikan Islam diseluruh Indonesia, baik formal maupun informal dengan system jaringan, agar metode ini dapat terpelihara orsinalitasnya dan memiliki target pembelajaran belajar baca Al qur`an yang lebih cepat. Hal ini dapat dibuktikan dengan  banyaknya lembaga-lembaga Islam yang sudah memakai metode A BATA TSA dan dengan bantuan metode ABATATSA ini sudah ribuan anak –anak Sekolah Dasar dan Pra Sekolah

( TK ) yang telah berhasil membaca Al qur`an, setelah ± 7 tahun metode A BATA TSA ini menyebar di berbagai wilayah Republik Indonesia dan rencananya pada tahun 2005 ini menjadi tahun sosialisasi untuk membantu pemberantasan buta huruf Al qur`an mulai dari anak-anak pra sekolah ( TK ), Sekolah Dasar sampai para manula. Sistem  A BATA TSA ini juga menjadi wacana terbaru bagi para guru-guru Al qur`an di Indonesia khususnya maupun dimanca Negara pada umumnya dan sekaligus menjadi metode alternatif bagi para pengajar Al qur`an yang ingin meningkatkan profesionalismenya dalam mengajarkan Al qur`an ini.